Monday, August 6, 2012

Half around the world


Jan 27, '11 8:46 AM

Ckckckc...
Gimana ngga takjub sama negara gw tercinta Indonesia.
Gw sekarang ada di belahan dunia lain, persis di baliknya Indonesia kalo di bola dunia ntuh, kira2 11,5 jam beda waktu. Lah sih begitu jalan2 ke toko cari suvenir untuk oleh2 temen2 di Trinidad ketemu juga sama barang kerajinan buatan Indonesia *keliatan ngga dua topeng di tembok atas? Waktu nanya2 sama penjualnya, dia sih tahu kalo itu buatan Indonesia :) Tapi kenapa dijual di situ, ya karena katanya ada juga org yg suka sama kerajinan kita.

Sebetulnya ngga sekali ini gw lihat barang made in Indonesia. Beberapa toko meubel di Caracas, di butik2nya, banyak juga dipajang furniture, patung dan keranjang2 kita. Waktu di Trinidad malah ada satu toko, namanya Wood You, mayoritas barang2nya adalah furniture buatan Indonesia. Juga pernah dapat iklan promo di milis Trinidad yg dengan bangganya bilang kalau dia mengundang kita untuk datang ke pameran furniture khusus dari Indonesia. Dan tahu ngga, peminatnya buanyaaak!
Hebat ya...

Tapi ya itu, paling prihatin kalau ternyata kayu yang dipakai kayu jati atau kayu besi bagus2 yang di tempat asalnya sana ngga ditanam kembali. Walhasil kayu kita habis jadi furniture koleksi orang, hutannya makin gundul, faunanya kehilangan rumah, spesies flora jg jadi banyak yg extinct.
Gw pribadi ikut bangga, karena tangan2 pengrajin kita hebat, kalau disuruh bikin kerajinan pasti bagus2 dan berseni, walaupun secara kualitas mesti ditingkatkan terus supaya barangnya lebih awet. Tapi jangan mengorbankan sumber daya alam kita dong. Ambil kayu yg bisa direnew dalam waktu singkat atau pakai bambu/rotan yang gw rasa berlimpah dan lebih ecofriendly. Jadi export furniture jalan terus dan sumber daya alam tetap lestari...

Ngomong doang nih, gimana cara berbuatnya ya?...

No comments: