Monday, February 27, 2012

Yang Lagi Kangen Trinidad

Mengenal manusia adalah suatu hal yang luar biasa. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, terbukti betul!

Contohnya, penduduk Trinidad-Tobago yang sebagian besar keturunan Afrika, punya kebiasaan hidup yang santai. Walhasil, kalau kita punya kesempatan ketemu dengan mereka, kita akan banyak dengar kata-kata seperti 'relax, man', 'no problem' dan 'it's ok'. Hanya saja kalau itu terjadi di antrian supermarket misalnya, yah akibatnya antriannya tambah panjang. Soalnya mbak kasir kerjanya 'relax dan no worry'. 

An afternoon in Waterfront Port of Spain

Saking relaxnya kadang ngomongpun sekadarnya dan disingkat-singkat. Misalnya dat (that), tong (town), meh (my). Jadi kalau lagi pengen ngomong "I hear they're living down there" dia akan bilang "Ah hyar dey living dong by dey so." Atau untuk ngomong " Give me the thing when you come to my house" dia akan bilang "Gi' me de ting when you come to meh house." Selain itu ada juga idiom lain, seperti kalau mau nanya "what's up" mereka akan bilang "whas de scene?".

Trus, jadi inget deh, lagu buatan anak-anak dan teman-teman Indonesianya yang tinggal di Trinidad dan pernah dipost di blog (liriknya): Da Man Ting N Ting.
Untuuung...tinggal di sana cuma 3 tahun. Kalo ngga belum beres belajar Inggrisnya dah keburu broken deh ;)

2 comments:

Adang N M I said...

nice post .... kunjungan sesama komunitas...

salam kenal dan follow juga
Revolusi Galau

EPHO's said...

Thanks ampirannya mas..