Wednesday, January 25, 2012

Mistakes

Namanya manusia, tempatnya salah dan lupa...
Tapi kok tetep ya, perasaan ngga enak banget kalo abis bikin salah.
Rasanya pengen muter jam, supaya balik ke waktu bikin salah, dan menghapusnya.
O well... hukuman bikin salah, ya begini ini... feel so not good.



Saturday, January 14, 2012

They're growing up

Apa favorit Anda saat jalan-jalan bersama keluarga?
Bercengkrama bersama pada waktu liburan? Untuk saya, adalah pada saat kita memiliki waktu one on one dengan masing-masing anggota keluarga.

Misalnya waktu kami mencoba menjelajahi Colonia Tovar, saat liburan akhir tahun, saya berkesepmatan bicara dari hati ke hati dengan si sulung. Saat itu kami harus berjalan kaki menyusuri perkampungan Jerman di Venezuela, dengan medan yang naik turun. Not to mention  saat itu kami berada sekitar 2000 m di atas permukaan laut.

Karena kelelahan si sulungpun mulai menggelayut, sementara si bungsu mulai seperti penyiar radio dengan ocehannya. Di situlah kami bicara banyak, mulai dari hal yang sederhana seperti laporan mengenai kaos kaki yang mulai berlubang dan kekecilan, sampai dengan kenangannya saat kecil.
Tetapi kadang memang kita harus fully prepared. Pernah suatu kali si bungsu bilang kalau si anu adalah girlfriendnya. Saya cuma menelan ludah dan berusaha kalem saat itu, walaupun panik juga. Lalu kami bicara apa sih girlfriend/boyfriend itu? Bukannya semua teman di sekolah itu kawannya? And on and on and on...
Tentu saja perbincangan semacam ini tidak bisa diselesaikan dalam satu kali. Tugas kitalah sebagai orang tua untuk terus menerus mengingatkan. Dan untuk saya pribadi, yang penting mereka tahu nilai-nilai dan agama yang kita anut, sebisa mungkin dengan alasan di baliknya.

Menurut saya, sejak anak bisa bicara tidak ada salahnya kalau kita selalu jujur dengan mereka mengenai konsekuensi. Jadi alih-alih menakut-takuti, beri alasan yang logis kenapa suatu hal baik atau tidak baik dikerjakan.
Tapi ternyata eh ternyata, menyiapkan hati dan mental kita untuk menghadapi pertanyaan dan pernyataan mereka yang kadang mengejutkan, juga tidak mudah lo.