Tuesday, September 6, 2011

Bekerja untuk uang

Dulu gw pikir kerja itu untuk cari uang. Tapi belakangan setelah ngga kerja tapi tetep dapet uang (hehehe, ngarang), jadi mikir ternyata betul juga kata si eyang. Kerja itu untuk Sang Pencipta, karena kita 'diletakkan' di pekerjaan itu insya Allah ada maksudnya. Misalnya jadi guru, itu karena Allah SWT mau kita terus belajar daaan menularkan ilmu pada murid. Misalnya jadi dokter, itu karena Allah SWT mau kita mengasah ketelatenan dan rasa penyayang pluusss membantu orang lain. Begitu juga kalo jadi ibu rumah tangga full, itu maskudnya supaya kita belajar terus jadi orang tua dan pasangan, sekaligus mengemban amanah membesarkan anak-anak supaya sukses dunia akhirat.
Nah kalo soal rejeki, itu mah jalannya lain. Rejeki insya Allah sudah diaturNya. Masing-masing sesuai kebutuhan dan keperluannya. Insya Allah, kalau cuma perlu makan sepiring, rejekinya ya cukup untuk makan sepiring. Kalau cuma perlu ganti baju 2x sehari, ya bajunya juga cukup aja untuk ganti tiap kali perlu, walaupun ngga perlu selemari penuh (pernah nyoba ngga pake 2 baju yang sama sepanjang minggu? satu pake satu cuci? ternyata bisa loh...). Hanya saja, rejeki itu asalnya bisa dari gaji, bisa dari hadiah, bisa dari manapun yang kadang ngga kita sangka. Pintunya bisa lewat orang yang kita ngga kebayang atau bahkan kenal sebelumnya.
Jadi kerja keras is perlu dan harus, demi menjalankan amanah jadi khalifah di dunia. Tapi hubungannya dengan rejeki, ya berhubungan sih, tapi indirect. Semakin keras kita kerja, insya Allah pintu rejeki semakin banyak yang terbuka. Tapi bukan berarti pintu rejeki yg terbuka akan sama dengan pintu tempat kita bekerja. Jadi yakini saja, do the best whatever it takes, and God will take care of you.
*curcol abis ngomelin org yg ngga bersyukur punya pekerjaan dan rejeki lebih dr org lain ;)

2 comments:

Ragil said...

"Jadi yakini saja, do the best whatever it takes, and God will take care of you" <--- like this. *jempol*

Ragil said...

"Jadi yakini saja, do the best whatever it takes, and God will take care of you" <--- like this. *jempol*