Monday, December 1, 2008

Mpon-mpon

Gara2 disentil Andrei Travellous, jadi kepikir iya yah hawong blogging kok mood2an. Kalo lagi pengen, bisa banyaak, kalo lagi nggak pengen jadi garing. Anyway :) dah tahu dong kalo di Trini, yang namanya toko Asia cuma satu, di kota sana-alias gak aman blasss-dan yang namanya bumbu Asia juga jarang ada *nggak pernah ada malah :( Padahal kalo mengandalkan bumbu bungkusan, rasanya suka garing. Jadi pernah suatu ketika aku minta keluarga di Jkt untuk kirim bumbu dapur: salam, laos, sereh. Pokoknya semua lah. Cuma ongkosnya itu, bisa buat buka warung bumbu dapur deh! Alhasil, beberapa bumbu dapur itu kutancep aja di pot, yang isinya bukan tanah tapi itu loo media tanaman dari sabut kelapa *coba, cari tanah aja susah bho. Eh, alhasil si laos berhasil tumbuh, berdaun dan beranak. Cuma kasiaaan, karena di pot, dia jadi kerdil. Padahal kalo di tanah, bisa subur banget. Naga2nya bisa malah mati, apalagi kena udara laut terus2an *ini teori ngawur. Eh tapi kata bu klompencapir, nanemnya mesti di kaleng dulu, biar membesar *kaleng susu bikin laos tambah gedhe ya? Lalu kemarin pas main ke Couva, pulangnya mampir Aranguez untuk beli pot yang agak gedhe dan relatif murah dibandingkan pot2 di POS. Eh, ternyata dia jual tanah juga. Senangnyaaa...lalu minggu kemarin kita *gw deng, sibuk bercocok tanam deh. Bibit yang sempet dibawa tempo hari, udah disemai, langsung dipindah2in ke pot *dari botol air, hehehe. Jadi di pojokan teras sekarang ada kebon mpon2. Masih mbibit kalo kata org Jawa. Tapi mudah2an selamet. Terutama jeruk nipis dan cabe yang langka di Trinidad. Sebenernya bukan karena langka sih, tapi ppssst....kalo masih belajar masak, apa aja kalo dikasih cabe rawit, jadi enak looo. Jadi walopun rasa makanannya mungkin kurang, berhubung yang makan udah sibuk kepedesan, yang nggak enak itu jadi nggak berasa :D Mumpung di Indonesia, rajin2 nanem mpon2 yaaa. Terutama salam sama cabe, yang susah2 gampang. Ditunggu critana...

3 comments:

Indahjuli said...

wakakakakak, dahlia punya sebutan baru :))
ih aku tuh ngak bertangan dingin, tanaman ngak pernah sukses berkembang.

kita said...

wahh..udah keranjingan si travellous jg toh mbak???hahahaha..

waduh..sedemikian parahnya kah makanan disana tanpa bumbu penyedap ala indonesia????

mungkin karena lidah kita lidah orang indo jadi gak kebiasa kali ya..hehe..(jadi inget si rei(travellous) yang pernah muntah gara2 gak pernah makan nasi di belanda..)

hihihi...

EPHO's said...

@ Mbak Injul: Iya, Dahl yang saranin aku untuk nanem di kaleng dulu. katanya biar membesar *gak tau apanya :)

@ Adhi: Iya, thanks to you Dhi, yg uah ngenalin ke Andrei. Iya, bumbu itu mah jagonya Indonesia dah. Makanya kita dijajah Belande, bukan? :p