Thursday, June 26, 2008

Sayang2 sumber energi buat anak cucu

Kebayang nggak 5 tahun dari sekarang bakal kayak apa dunia ini? Terus terang enggak. Tapi kalo lihat gaya hidup dan kecerobohan aku sendiri, bisa2 anak2 nggak bisa hidup nyaman di lingkungan yang sehat nantinya. Resolusi ku untuk bantu simpan energi dan memelihara bumi, supaya inget terus dan malu kalo lupa ngerjain *soalnya dipublish je :) 1. Lampu harus dimatikan begitu ada sinar matahari 2. Unplugged kabel2 yang nggak dipake *biasanya dibiarin aja nyolok, misalnya lampu meja di kamar tidur, Wii, kabel komputer, dll 3. Pake mobil mikir yang panjang, supaya sekali jalan bisa keurus semua, gak bolak-balik *biasanya eh ini lupa, itu lupa, ke sana, ke sini 4. Tutup panci kalo masak supaya cepet mateng 5. Kalo malam lampu nyala di ruang yang ada orangnya aja, yg lain istirahat. 6. Tutup lemari es begitu selesai ambil barang 7. Biarpun masih sendirian, karna di sini belum biasa, pisah sampah organik dan non organik, kumpulin botol plastik dan bawa ke skolah untuk di recycle, kurangi pake kantong plastik. Baru itu yg bisa dikerjain, mudah2an konsisten dan tetep mau belajar, biar nular ke anak2.

3 comments:

MiNDY said...

Ibu Bumi dah cape. betul² ga kebayang dweh tahun² mendatang apa jadinya. makanya perlu banget hemat energi dan go green.

gw selalu bawa tas canvas tiap mau belanja, jadi semua belanjaan masuk disitu tanpa perlu pake kantong plastik.

EPHO's said...

Good idea! Kalo di Eropa malah kantong plastik mesti beli yak

Roro said...

setuju, mulai dari sehari2 kita, masalah sepele, kalo setiap orang melalukan, kan mayan banyak...

btw mengurangi mandi juga ngirit air, hiyaaa... hihhi... gak lama2 mandi maskudnya :P